Khasiat Cafeine dalam Teh

Baca Khasiat Cafeine dalam Teh berikut ini ...

 Seperti yang sering kita ketahui, banyak sekali khasiat teh untuk kesehatan. Baik itu untuk antioxidant, obisity, dan mengontrol tekanan darah. Mengontrol disini, kecenduran umum yang dipahami adalah menurunkan, sehingga sering diartikan teh itu baik buat penderita darah tinggi. Dan sebaliknya, teh bukanlah teman yang baik buat penderita darah rendah.

 

Banyak bukti teman-teman penderita tekanan darah rendah, terutama setelah minum teh hijau, kepalanya terasa ‘kliyengan’ alias pusing, yang diyakini sebagai indikator turunnya tekanan darah. Hanya menurut pengalaman saya sebagai penderita tekanan darah tinggi, sekalipun hampir tiap hari saya selalu mengkonsumsi teh hijau, tampaknya belum kelihatan adanya korelasi antara teh hijau dengan tekanan darah saya.

 

Artinya, kalau tidak dibantu dengan obat, tekanan darah akan melaju tanpa terkendali, sekalipun saya konsumsi teh hijau. Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mencoba teh Oolong (baca Jawa Oolong, the Oolong pertama produksi Indonesia ), saya sempat mengalami kestabilan tekanan darah. Memang, saya tidak mengamati secara mendalam dengan mengukur tekanan darah sebelum dan sesudah minum teh Oolong tersebut, sehingga belum terbukti 100 persen korelasi antara tekanan darah saya dengan teh Oolong tersebut.

 

Mega Christina, salah seorang member jalansutra, dalam email japrinya kepada saya mengaku sebagai penggemar teh, terutama teh Chrysant, Earl Grey Tea dan teh Melati Tongjie. Sayangnya, dia juga penderita tekanan darah rendah, sehingga oleh konsultan kesehatan dia disarankan untuk mengurangi teh bunga.

 

Melihat review Anda yang begitu mendalam tentang teh, apakah ada teh/campuran teh yang bisa membantu menaikkan darah rendah? Mungkin ada teh dengan kandungan ekstrak buah bit atau lainnya? Mohon pencerahan.

 

Begitu tulis dia diakhir emailnya. Terima kasih atas pertanyaannya, dan saya merasa tersanjung dipercaya untuk menjawab pertanyaan yang super sulit tersebut. Karena apa? Karena memang ilmu teh saya masih dalam taraf permukaan. Baru taraf mengenal aneka jenis teh, dan saya belum mendalami khasiat teh yang mengandung aneka ekstrak kandungan kimia yang banyak dan tidak saya mengerti apa artinya … ;-)

 

Kang Irvan atau kang Harnaz member jalan sutra, yang mestinya lebih jago soal kimia yang lebih bisa mengotak-atik khasiat kandungan teh ini. Tetapi bagaimanapun, dengan adanya pertanyaan-pertanyaan seperti membuat saya ‘terpaksa’ belajar dan tanya ke mbah Google, guru besar saya selama ini. Tentu saja saya juga tidak melupakan bimbingan dan tutorial para senior yang juga pakar teh dimilist ini, seperti mbak Ratna, mbak Elisa dan mas Arie Parikesit.

 

Mungkin anda juga tahu, bagi penderita darah tinggi dan jantung lemah tidak disarankan minum kopi. Caffein dalam kandungan kopi dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan menyebabkan jantung berdebar. Juga bagi penderita tukak lambung seperti saya, Caffein dalam kopi dapat menyebabkan masalah dengan lambung anda.

 

Akan tetapi seringkali dilupakan bahwa ternyata teh, terutama teh hitam memiliki kandungan caffeine, yang katanya justru lebih tinggi dibanding dengan kopi. Tetapi kok tukak lambung saya tidak bermasalah ya kalau minum teh hitam?

 

Baru-baru ini saya menemukan artikel yang cukup menarik mengenai caffein ini. Dalam artikel tersebut ditulis, bahwa teh merupakan minuman yang cukup unik. Teh mampu membuat, segar dan mata melek, tetapi sebaliknya teh juga mampu membuat tenang dan relax. Lho bagaimana bisa satu minuman bisa memiliki khasiat yang berlawanan.

 

Ceritanya begini. Dalam teh selain terdapat kandungan Kafeine, juga terdapat zat yang namanya Tannin. Keduanya memiliki efek yang berbeda. Kalau Kafeine lebih berefek menyegarkan, Tannin efeknya untuk menenangkan. Pada dua menit pertama teh diseduh, akan keluar Cafeine, kemudian dua menit berikutnya, keluarlah Tanin yang sekaligus mengeliminasi efek dari Cafeine tersebut.

 

Nah hubungan tulisan artikel tersebut dengan pertanyaan Mega adalah, kalau memang bermasalah dengan tekanan darah rendah, cobalah teh hitam yang kandungan kafeinenya paling besar diantara teh jenis lainnya. Mungkin bisa juga dicoba dengan menyeduh teh selama 2 menit saja biar cafeinenya tetap ada, dan setelah itu dicoba diukur tekanan darahnya. Apakah ada pengaruhnya atau tidak.

 

Sedikit masalah, untuk teh hitam dengan penyeduhan sekitar 2 menit, aroma dan rasa teh belum sepenuhnya keluar, sehingga dari segi kenikmatan teh agak berkurang. Kalau untuk teh hitam Orthodox itu benar, tetapi, kalau anda gunakan teh hitam CTC hasilnya agak berbeda. Teh hitam CTC, diseduh sebentar sudah langsung keluar aroma dan rasanya. Tetapi perlu dicatat, saya baru mencoba melakukannya untuk teh hitam CTC Walini. Apakah ini juga berlaku untuk teh hitam CTC lainnya, perlu dicoba lagi.

 

http://forum.kompas.com/kesehatan/1012-khasiat-cafeine-dalam-teh.html

 

 

Banyak sekali manfaat dari meminum teh,sudah harganya relatif murah, teh juga banyak menfaatnya bagi tubuh kita.Sudah banyak buktinya segeralah untuk mencobanya ?

 

Baca Juga " RAHASIA DI BALIK KHASIAT SMILE TEA "

di : https://www.facebook.com/notes/smile-herbal-tea/manfaat-teh-hijau-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/414847001944221

 

Salam senyum sapa dari kami Smile Tea, ceria sepanjang Hari.

======================================

" ....SMILE TEA ... ", Adalah Teh hijau Alami

jadikan harimu lebih berarti, sehat berseri sepanjang hari

-------------------------------------------------------------------------




Itulah, Khasiat Cafeine dalam Teh - mudah-mudahan bermanfaat bagi kesehatan kita semua :)

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA: DI SINI

Sumber artikel: facebook/notes/teh-hijau-smile-tea-/khasiat-cafeine-dalam-teh/417055195056735

Komentar

Postingan populer dari blog ini