CARA MEMBUAT SABUN HERBAL SENDIRI ( SMILE TEA SOAP )

Baca CARA MEMBUAT SABUN HERBAL SENDIRI ( SMILE TEA SOAP ) berikut ini ...


Saat ini banyak yang menyadari manfaat kesehatan dari teh hijau. Teh hijau telah dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit kronis mulai dari penyakit jantung sampai kanker.

Salah satu manfaat teh hijau yang kurang dikenal oleh masyarakat banyak adalah efek kesehatan bagi kulit kita. Teh hijau telah terbukti tidak hanya mengurangi risiko kerusakan karena pengaruh sinar matahari tetapi juga mengurangi tanda-tanda penuaan kulit seperti kulit kendur dan keriput.

Salah satu cara untuk menambahkan teh hijau pada perawatan kulit Anda adalah dengan membuat sabun teh hijau. Teh hijau kaya akan polifenol yang bermanfaat bagi kulit dan ini bisa Anda rasakan pada kulit cantik Anda. Anda juga akan menikmati warna hijau alami teh hijau pada sabun yang akan membersihkan dan menenangkan kulit.

Berikut adalah cara membuat sabun teh hijau dengan cepat dan mudah di dapur Anda sendiri:

 1. Perlengkapan

 1.1. Untuk membuat sabun teh hijau, Anda perlu menggunakan serbuk Smile Tea ( Smile Tea yg sudah di blender lembut/ silahkan bisa di blender sendiri ) .

1.2. Anda juga akan memerlukan beberapa bar sabun gliserin yang dapat dibeli di apotek setempat.

1.3. Anda juga harus membeli minyak esensial atau minyak wangi pilihan Anda di pasar makanan lokal atau toko makanan kesehatan untuk menambahkan keharuman sabun Anda.

1.4. Terakhir, Anda juga akan memerlukan panci roti mini untuk menampung cairan sabun yang dituangkan serta pisau tajam untuk memotong dan panci/teflon/alat lain untuk wadah saat gliserin di panaskan.

2. Mencairkan sabun gliserol/gliserin

 2.1. Dengan menggunakan pisau Anda dapat memotong sabun gliserin menjadi potongan-potongan kecil sekitar satu inci persegi.

2.2. Lanjutkan memotong sampai Anda memiliki potongan cukup untuk mengisi wadah yang sudah disiapkan. Setelah terisi penuh,panaskan dg panci/teflon/alat lain; pastikan sabun benar-benar meleleh.

3. Masukkan bahan

 Setelah sabun gliserol meleleh, tambahkan satu sendok makan setengah bubuk teh hijau Smile Tea  ke gliserol yang mencair bersama dengan beberapa tetes minyak wangi yang Anda pilih atau minyak esensial. Aduk bahan sampai rata.

4. Menuang sabun

 Setelah Anda menambahkan teh hijau dan minyak essential, saatnya untuk menuangkan sabun kedalam loyang mini yang sudah disiapkan. Perlahan-lahan tuangkan campuran gliserol hangat ke dalam loyang roti yang mini. Jika gelembung harus dikembangkan, gunakan botol semprot diisi dengan alkohol ringan, semprot pada permukaan campuran sabun Anda.

Proses 2,3,4 ini disebut “melt and pour” atau “lelehkan dan tuangkan”  karena caranya hanya : ... melelehkan sabun dasaran/Gliserin (belum pakai warna dan pewangi dan tidak berbentuk serta hanya bahan dasar saja yang dipakai), menambahkan warna dan pewangi serta bahan lain untuk meningkatkan mutunya, lalu menuangkannya ke cetakan sabun yang kita kehendaki.

5. Biarkan sabun mengeras

 Terakhir, diamkan sabun selama dua setengah jam lalu masukkan ke freezer selama 15 menit. Ketika loyang keluar dari freezer, diamkan pada suhu luar selama 10 menit. Putar panci di atas dan tekan di meja untuk melepaskan sabun Anda.



Manfaat Sabun Teh Hijau :

mencegah penuaan dini, mencegah jerawat, mengencangkan kulit, menghilangkan flek hitam

Sabun Smile Tea ( Smile Tea Soap ) juga mengandung antiseptik alami, sehingga jika pada saat penggunaan awal terasa sedikit perih dan gatal maka tetap lanjutkan penggunaan, hal ini disebabkan zat aktif sedang bekerja untuk membunuh kuman, jamur, dan bakteri.

Kelebihan :

  • Memiliki berbagai manfaat

  • Tidak mengandung bahan kimia

  • Keharumannya tahan lama

  • Dapat dipakai anak-anak maupun orang dewasa

  • Jika anda berniat membuatnya untuk di berdayakan maka Harga akan sangat terjangkau.


Cara pemakaian :

Sabun dapat digunakan seluruh tubuh. Basahi sabun dengan air sampai berbusa, usapkan busa pada bagian tubuh yang diinginkan. Diamkan beberapa saat. Bilas dengan bersih

Tips pemakaian :

untuk menghasilkan busa yang banyak dan menghemat pemakaian sabun gunakanlah spons mandi.

 



Jika anda merasa ribet dengan tips tersebut di atas, silahkan coba tips sederhana berikut ini .

Kulit berminyak jadi lembab, kencang dan halus

Kulit berminyak memang menjadi masalah tersendiri bagi banyak orang, karena kulit berminyak menyulitkan untuk dirias. Namun, kulit berminyak ini bisa dirawat menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung asam tannic yang membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Kafein didalamnya juga bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit.

Cara:

Ambil tepung beras sebanyak 4 sendok makan, tuangi dengan seduhan teh hijau yang sudah dingin. Aduk hingga berbentuk pasta dan bisa di oleskan, jika terlalu kental bisa di tambah tehnya. Oleskan keseluruh permukaan wajah, biarkan sampai mengering. Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali.

Untuk perawatan sehari-hari, basuhkan air teh hijau dingin yang sudah dimasukan lemari pendingin ke wajah. Lakukan setiap hari setelah bangun tidur.

NB : Sangat baik untuk lulur di seluruh tubuh.

Banyak sekali manfaat dari meminum teh,sudah harganya relatif murah, teh juga banyak menfaatnya bagi tubuh kita.Sudah banyak buktinya segeralah untuk mencobanya ?


Itulah, CARA MEMBUAT SABUN HERBAL SENDIRI ( SMILE TEA SOAP ) - mudah-mudahan bermanfaat bagi kesehatan kita semua :)

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA: DI SINI

Sumber artikel: facebook/notes/teh-hijau-smile-tea-/cara-membuat-sabun-herbal-sendiri-smile-tea-soap-/415298155232439

Komentar

Postingan populer dari blog ini