Sensasi Sajian Teh Putih di Wonosari

Baca Sensasi Sajian Teh Putih di Wonosari berikut ini ...



Lokasi Kebun teh Wonosari merupakan Agrowisata perkebunan teh yang berada sekitar 30 km arah utara Kota Malang. Posisinya, tepat berada di kaki Gunung Arjuno di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Selain menyajikan pemandangan khas hamparan kebun teh, agrowisata ini juga menyuguhi pengetahuan soal teh, yakni pemetikan daun teh sampai proses akhir hingga produk berada di tangan konsumen.


Dalam hunian kebun teh yang menyejukkan tersebut, ternyata ada suatu yang menarik, karena selama ini banyak orang tidak mengetahui proses pembuatan teh. Mulai dari daun teh yang dipetik kemudian mengalami proses hingga akhirnya bisa diseduh dalam cangkir.


Saat berada di lokasi perkebunan, aktivitas para wanita paruh baya memetik daun teh hingga proses pengolahan di pabrik lingkup PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) ini, hanya bisa dinikmati hari biasa/kerja (weekday). Bila belibur pada hari libur atau akhir pekan, aktivitas pengolahan teh seperti ini tidak bisa didapat.


Pada umumnya keberadaan kebun teh, selalu menawarkan suasana pegunungan yang sejuk dengan panorama keindahan alam. Namun berbeda dengan Kebun Teh Wonosari yang bersuhu 22 hingga 24 derejat celcius, sebab selain menawarkan suasana tersebut, produk tehnya sangatlah berbeda dibandingkan dengan kebun teh daerah lainnya di Indonesia. Produk tersebut adalah teh putih atau orang biasa menyebutnya “white tea”.


Wakil Manajer Kebun Teh PTPN XII, Made Susilatama mengatakan, kebun teh di kawasan Indonesia Timur yang memproduksi teh putih hanya di Wonosari, sementara untuk menikmati kesegaran teh putih hanya ada di dua tempat, selai di Wonosari juga di Kafe 12 yang merupakan cabang dari Kebun Teh Wonosari di Mal, "City Of Tomorrow", di Surabaya.


Sesuai namanya, warna teh putih berbeda dengan teh pada umumnya.Jika pada umumnya teh berwarna merah dan tampak kecoklatan, teh putih memiliki warna sedikit coklat dan tampak keputih-putihan. ”Rasa dan aromanya pun juga berbeda. Meminum segelas teh putih, anda akan terasa di bawa keaslian tanaman teh yang sejati,” ujar Susilatama berpromosi.


Ia menjelaskan, teh putih merupakan teh berbahan pilihan, sebab diambil dari pucuk daun teh (pucuk peko) yang belum mekar, sehingga untuk menghasilkan teh ini perlu kreatifitas tersendiri dari para pemetik.


”Teh putih berasal dari pucuk peko yang dipilih oleh tangan pemetik berpengalam. Dari situlah tercipta teh yang berkualitas, sebab selama ini, tenaga manusia masih belum tergantikan dalam industri teh terutama pemetik daun teh,” paparnya.Minimnya hasil produk teh putih, membuat harganya pun cukup tinggi dibandung teh pada umumnya. Untuk satu bungkus daun teh putih yang berisi 10 gram, dijual dengan harga Rp17.500,00, sedangkan untuk secangkir teh yang berisi dua gram daun teh putih, harganya Rp7.500,00.


Kebun teh di Indonesia yang menghasilkan teh putih hanya terdapat di Bandung, Jawa Barat, serta di Wonosari Jawa Timur.Sementara dalam penyajiannya, teh putih berbeda dibanding dengan teh biasanya. Karena, jika salah dalam menyajikan maka akan kehilangan rasa dan aromanya yang asli.



Itulah, Sensasi Sajian Teh Putih di Wonosari - mudah-mudahan bermanfaat bagi kesehatan kita semua :)

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA: DI SINI

Sumber artikel: facebook/notes/green-tea-lover/sensasi-sajian-teh-putih-di-wonosari/356174838070

Komentar

Postingan populer dari blog ini