Cara Ampuh Mengusir Komedo Membandel

Berikut ini artikel tentang Cara Ampuh Mengusir Komedo Membandel, selamat membaca

Cara Ampuh Mengusir Komedo Membandel


Komedo pada hidung, dahi, dan dahi sering membuat Anda jadi kurang percaya diri dan jika dibiarkan bisa menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Tidak sedikit orang yang meresahkan hal ini & mulai mencari berbagai cara untuk mengatasi komedo.

 

Pada umumnya komedo akan muncul pada kulit wajah yang berminyak yang mana pori-pori kulit tertutup oleh kotoran/debu yang menempel pada kulit wajah. Jenis komedo bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu komedo blackheads yang biasa dikenal dengan komedo terbuka dan whiteheads atau yang lebih dikenal dengan komedo tertutup. Biasanya komedo ini muncul di permukaan kulit wajah berupa benjolan hitam atau kekuningan kecil yang kurang sedap dipandang mata. Komedo-komedo ini muncul karena disebabkan oleh penyumbatan kelenjar sebaceous yang ada pada permukaan kulit dan bertugas untuk memproduksi sebum.

 

Sebetulnya komedo blackheads disebabkan oleh sebum yang bercampur dengan sel-sel kulit mati. Di samping itu, komedo blackheads muncul karena permukaan kulit yang kotor dan berminyak akibat penggunaan kosmetik dan pelembab yang tidak dibersihkan dengan benar. Penggunaan makeup dan foundation yang berlebihan serta kebiasaan membersihkan wajah yang kurang bersih juga dapat berdampak pada munculnya komedo-komedo pada wajah Anda.

 

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan komedo berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan di rumah untuk membantu mengecilkan pori-pori  wajah dan mengurangi komedo pada wajah Anda:

 

Steaming

Untuk menghilangkan komedo, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menguapi wajah Anda untuk membuka pori-pori kulit. Ini sangat simple, Anda hanya perlu menghadapkan wajah Anda pada baskom yang berisi air panas selama 15 menit, sehingga Anda akan merasakan uap hangat pada permukaan kulit wajah Anda.Selanjutnya, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan Anda dalam kondisi yang bersih kemudian ambil kertas tissue dan balutkan pada jari-jari tangan Anda untuk melindungi kulit dari kuku jari tangan Anda. Hindari menyentuh komedo dengan tangan yang kotor karena akan membuat kulit Anda meradang. Setelah memastikan bahwa tangan Anda steril, secara perlahan ambil komedo hitam pada pori-pori yang sudah terbuka.Jika komedo tidak mudah diambil, lebih baik Anda biarkan dan jangan dipaksa untuk Anda keluarkankarena akan membuat kulit Anda meradang dan akan meninggalkan bekas luka pada kulit wajah Anda.

 

Cleansing

Bersihkan permukaan kulit wajah Anda dengan membasuh wajah menggunakan air hangat suam-suam kuku untuk membantu membuka pori-pori wajah Anda kemudian bersihkan dengan pembersih non-komedo untuk membantu mengangkat komedo. Kemudian jangan lupa untuk membasuh kembali wajah Anda dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah Anda.

 

Masker Alami

Selain dengan metode steaming dan cleansing, Anda bisa menggunakan ramuan dapur untuk membantu menghilangkan komedo yaitu dengan tomat yang sudah dihaluskan kemudian dijadikan masker wajah. Gunakan masker ini selama 20 menit, kemudian basuhlah wajah Anda untuk menghilangkan komedo-komedo yang ikut terangkat dan sisa masker dari wajah Anda.Masker lain yang bisa Anda gunakan yaitu masker buah alpukat. Masker alpukat sangat efektif menyerap minyak yang mana menjadi penyebab utama timbulnya komedo. Lakukan metode ini sekali seminggu untuk membantu menjaga keseimbangan  produksi minyak.

 

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa sering membersihkan wajah dapat menghilangkan komedo. Namun, fakta menunjukkan bahwa terlalu sering membersihkan wajah dapat membuat komedo pada wajah Anda menjadi semakin buruk. Hal ini disebabkan karena wajah Anda akan menjadi kering akibat terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun sehingga kelenjar sebaceous akan memproduksi minyak/sebum lebih banyak lagi sehingga komedo juga akan semakin banyak.

 

Anda bisa menerapkan beberapa tips di atas dengan teratur selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk menghindari memencet komedo dan menyentuh kulit wajah Anda dengan keadaan tangan yang kotor.Selamat Mencoba :)

 

-Salam Hangat-

Duta Cantik




Mudah-mudahan Cara Ampuh Mengusir Komedo Membandel di atas mudah difahami serta bermanfaat bagi Anda :)
---
SUMBER artikel Cara Ampuh Mengusir Komedo Membandel dari: facebook/notes/ade-uny/cara-ampuh-mengusir-komedo-membandel/10151796901133891

Komentar

Postingan populer dari blog ini