Ekstrak Teh Hijau Ampuh Untuk Tulang Keropos

Baca Ekstrak Teh Hijau Ampuh Untuk Tulang Keropos berikut ini ...

Teh diyakini sebagai minuman kaya akan antioksidan yang menyehatkan tubuh. Penyakit seperti jantung, kolesterol dan lainnya bisa dilawan menggunakan medium teh sebagai obat. Hal ini terbukti dari hasil penelitian terbaru yang diterbitkan Journal of Agricultural and Food Chemistry yang mengatakan teh hijau diyakini membantu tubuh meminimalisasi kerapuhan tulang jelang usia senja.

Penelitian itu dilakukan di Cina, di Universitas Hong Kong. Kajian penelitian fokus pada hubungan proses pembentukan sel tulang (osteoblast) dengan kandungan utama teh hijau.

Sejauh ini, teh hijau memang diyakini sebagai minuman kaya akan antioksidan yang menyehatkan tubuh. Penyakit tergolong kronis macam kanker, jantung, kolesterol dan lainnya bisa dilawan menggunakan medium teh sebagai obatnya. Fakta ini membuat peneliti lebih dalam mengkaji ekstrak teh guna keperluan pengobatan.

Hasil penelitian juga mencatat, Epigallocatechin, salah satu kandungan utama teh hijau mampu menaikan aktivitas enzim yang mampu merangsang pertumbuhan tulang hingga 79%.

"Penelitian kami merupakan yang pertama fokus pada efek teh hijau terhadap proses pembentukan tulang yang didemontrasikan pada peningkatan proses pembentukan tulang (osteroblast) dan penurunan pada proses pengapuran tulang (osteoclast)," ungkap seorang peneliti seperti dikutip dari nutraingredients-usa.com.

Ekstrak Epigallocatehin ditemukan untuk mensimulasi mineralisasi pada tulang, sekaligus meminimalisasi proses osteoclast (pengapuran tulang). Empat ekstrak polifenil lain yang ditemukan seperti Epigallocatechin Gallate (EGC), epicatechin gallate, dan epicatechin memiliki efek yang lemah ketimbang yang lain.

"Studi sebelumnya menyebutkan ekstrak catechin, terutama EGC, memiliki efek positif pada metabolisme tulang melalui dua proses aktivitas pembentukan tulang dan menghentikan proses pengapuran tulang," jelas peneliti.

Penelitian sebelumnya, menjelaskan kandungan mineral pada tulang individu yang mengkonsumsi teh hijau memiliki kecenderungan lebih tinggi 2,8% ketimbang individu yang tidak atau minim mengkonsumsi teh hijau. Penelitian pada 2007 dalam American Journal Of Clinical Nutrition ini menyarankan setiap individu untuk mengkonsumsi teh guna meminimalisasi kemungkinan osteoprosis.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, teh hijau juga diyakini mengandung 30-40% ekstrak polifenol, sementara jenis lainnya, teh hijau, mengandung ekstrak polifenol antara 3-10%. Di antara sekian banyak polifenol yang ditemukan, umumnya dikenal empat ektsrak utama yakni epigallocatechin gallate (EGCG), epigallocatechin, epicatechin gallate, dan epicatechin.



Itulah, Ekstrak Teh Hijau Ampuh Untuk Tulang Keropos - mudah-mudahan bermanfaat bagi kesehatan kita semua :)

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA: DI SINI

Sumber artikel: facebook/notes/green-tea-lover/ekstrak-teh-hijau-ampuh-untuk-tulang-keropos/377439378070

Komentar

Postingan populer dari blog ini