Mencegah Penyakit Jantung Iskemik dengan Sayur dan Buah

Sering ditemukan di masyarakat, penyebab kematian menurut hasil riset kesehatan dasar adalah masyarakat yang memiliki riwayat mengidap penyakit jantung, kanker dan stroke. Hasil penelitian membenarkan bahwa mengonsumsi sayur dan buah dapat mengurangi angka kematian akibat penyakit kanker.

Mencegah Penyakit Jantung Iskemik dengan Sayur dan Buah

Mencegah Penyakit Jantung Iskemik dengan Sayur dan Buah

Lalu muncul pertanyaan, "Apakah sayur dan buah bisa mencegah penyakit jantung?" Untuk menjawab pertanyaan tersebut, melansir artikel, 'sehat dengan sayur dan buah' (Republika online) - Pada awal 2011 telah terdapat sebuah penelitian dengan skala besar tentang penyakit stroke dan jantung. Penelitian ini menyertakan lebih dari 300 orang, baik mereka yang belum mengidap penyakit jantung dan stroke.

Penelitian ini diikuti oleh delapan negara di benua eropa dan dinamakan dengan European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC)-Heart Study. Penelitian ini selanjutnya diterbitkan oleh sebuah majalah yang bernama European Heart Journal. Penelitian yang dilakukan selama 8,4 tahun ini menghasilkan; orang yang mengonsumsi sayur dan buah dengan jumlah 8 porsi sehari, resiko kematian yang diakibatkan oleh serangan jantung berkurang sekira 22% dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi buah dan sayur kurang dari 3 porsi sehari.

Dengan adanya penelitian tersebut, semakin memperkuat bahwa mengonsumsi sayur dan buah setiap hari dapat mengurangi resiko serangan penyakit jantung koroner. Adapun yang dimaksud dengan satu porsi buah dan sayur, komposisinya sama dengan 80 gram buah dan 80 gram sayur. Komposisi tersebut setara dengan buah ukuran sedang, buah pisang ambon kecil, ditambah sebuah wortel.  
  
Tahukah Anda? 
  • Hasil penelitian telah ditemukan 1.636 orang meninggal dunia diakibatkan mengidap penyakit jantung iskemik. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengidap penyakit jantung iskemik, yaitu; diabetes melitus, kolesterol, dan kebiasaan merokok. 
  • Mengonsumsi madu dan kayu manis secara teratur dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung. 
Faktor potensial lain dari penyakit ini adanya faktor genetika atau keturunan. Sehingga bisa dimengerti apabila di dalam sebuah keluarga terdapat seorang yang mengidap penyakit ini maka terdapat kecenderungan Anda atau anggota keluarga Anda yang lain akan mengidap penyakit jantung iskemik. Dari hasil penelitian didapatkan dari setiap peningkatan konsumsi 1 porsi sayur dan buah, dapat mengurangi serangan jantung yang fatal sebesar 4%. 

Tips Penyembuhan Penyakit Jantung: Konsumsi Madu

Anda bisa melakukan upaya penyembuhan penyakit jantung dengan cara mengoleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap harinya. (BACA: Madu Sebagai Selai Roti). Pasalnya, madu serta kayu manis mampu mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi resiko serangan jantung. Seseorang yang memiliki penyakit dan terkena serangan jantung jika mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari maka bisa terhindar dari serangan jantung kedua. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini